Pages

Tuesday 4 June 2013

Apa itu Hak Asasi Manusia?

Setelah mengerti apa arti hak, maka sekarang kita lebih mendalami mengenai topik tentang Hak Asasi Manusia.

Apa itu HAM?
  • Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan konsep bahwa manusia memiliki kewenangan hak asasi atas sesuatu (termasuk dirinya sendiri). Bisa juga dikatakan HAM adalah hak dasar manusia yang melekat dalam diri manusia yang dibawa sejak lahir. Karena diberikan sejak lahir, maka HAM merupakan anugerah dari Tuhan. Jadiii, HAM tidak dapat dicabut dan dihapuskan oleh siapapun.
  • Menurut Undang-undang yang berlaku di Indonesia (UU No. 39/1999), HAM adalah seperangkat hak yang melekat pada manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib di hormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh Negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia. Dengan akal budinya dan nuraninya. Manusia memiliki kebebasan untuk memutuskan sendiri perbuatannya. Disamping itu, untuk mengimbangi kebebasannya tersebut manusia memiliki kemampuan untuk bertanggung jawab atas semua tindakan yang dilakukannya.
  • Menurut kami, HAM adalah hak-hak dasar yang pasti dimiliki setiap individu. Kalau hak dibatasi oleh kewajiban, hak asasi manusia dibatasi oleh hak asasi manusia milik orang lain. Misalnya, hak untuk bergerak. Kita bebas bergerak sesuka kita, namun gerakan yang kita lakukan tidak boleh mengganggu orang lain. Kalau mengganggu, kita melanggar HAM mereka. Hak yang kita langgar adalah hak hidup bebas.



No comments:

Post a Comment